Siapa yang tidak ingin sukses di usia muda? Pastinya
semua orang mengharapkannya. Artikel berikut mengulas kisah sukses luar biasa
dari seorang anak muda yang akhir-akhir ini santer diberitakan di media-media
karena berhasil membeli mobil sport Ferari di usia 20-an tahun.
Pada waktu sebelumnya, kami juga pernah membahas tentang Biografi Witjaksono. Bisa Anda cek di website kami untuk membacanya.
Pada waktu sebelumnya, kami juga pernah membahas tentang Biografi Witjaksono. Bisa Anda cek di website kami untuk membacanya.
Pemuda tersebut bernama Rico Huang. Menjadi seorang CEO
di usia muda dan membawahi banyak karyawan adalah pencapaian yang luar biasa.
Namun, siapa sangka dibalik kesuksesannya saat ini, Rico Huang ternyata tidak
menyelesaikan kuliah karena Drop Out. Penasaran dengan kisah suksesnya?
Bagaimana dia bisa meraih kesuksesannya di usia muda? Simak kisahnya berikut!
Rico Huang dilahirkan di Jakarta, 14 November 1995. Ia
adalah anak ke-3 dari 4 bersaudara. Sewaktu masih SMA, rumah nya sempat
mengalami kebakaran yang sangat berdampak pada perekonomian keluarganya. Di
saat sulit seperti itu, Rico Huang tetap optimis dan pantang menyerah. Untuk
membantu ekonomi keluarganya, ia mulai berjualan kecil-kecilan dan tetap
belajar untuk menyelesaikan pendidikan SMA nya. Ia pernah berjualan nasi uduk,
tapi gagal karena pihal sekolah melarang adanya kegiatan jualan di area
sekolah. Gagal dengan bisnis nasi uduknya, dia kemudian mencoba peruntungannya
dengan berjualam kaos dengan modal minim, yang akhirnya pun bangkrut menyusul
usaha nasi uduknya. Tak ingin menyerah, Rico menjajaki bisnis kuliner dengan
berjualan Mie ayam. Karena minim nya ilmu di dunia bisnis kuliner, bisnis mie
ayamnya sukses mengalami kerugian hinggal 15 juta dalam waktu 4 hari dan
akhirnya tutup juga.
Jatuh berkali-kali, tak kemudian membuat Rico menyerah.
Ia sempat kuliah di Binus beberapa semester, sebelum akhirnya drop out. Tentu
bukan situasi yang mudah, apalagi adanya cibiran dari teman-temannya.
Mental pengusaha sukses adalah pandainya menangkap dan
mengeksekusi sebuah peluang. Saat itu bisnis aksesoris HP Nampak cukup
menjanjikan. Ia pun membuka usaha online dan memasarkan produk-produknya di
social media seperti Facebook, Kaskus, dan Instagram. Tekun dan adanya
keinginan kuat untuk belajar membuat bisnisnya mulai membuahkan hasil dengan
adanya penjualan setiap harinya. Kebanyakan penjualannya masuk melalui
Instagram, yang kemudian membuatnya terus mendalami strategi Instagram
marketing.
Pengalamannya berjualan di Instagram kemudian ia tuangkan
dalam sebuah karya buku yang berjudul “Jago Jualan di Instagram” yang tentunya
banyak ilmu-ilmu berdasarkan pengalaman dan researchnya selama berjualan di
Instagram. Selang beberapa waktu karena maraknya Marketplace, dia kemudian
meluncurkan buku keduanya yang berjudul Dropship Mastery. Buku ini berhasil
terjual sebanyak 7000 ekslempar dalam waktu seminggu dengan sistem pre-order.
Berproses kurang lebih selama 4 tahun, akhirnya semua
perjuangan Rico Huang selama ini terbayarkan dengan menjadi CEO dari PT. Alona
Indonesia yang membawahi ratusan karyawan dan beberapa lini bisnis seperti:
Dropshipaja.com, pasukanalona.com, laperma.co.id. Saat ini Rico juga aktif
menjadi seorang youtuber, berbagi konten-konten edukasi bisnis dengan jumlah
subscriber lebih dari 400rb.
Itulah profil singkat dari Rico Huang. Kerja keras dan
semangat entrepreneur nya berhasil mengantarkannya sukses di usia muda.
“Kegagalan terbesar dalam bisnis adalah saat kita berhenti berjualan” – Rico
Huang.
sangat menginspirasi sekali artikelnya
BalasHapusDireksi Keet